-->

Kamis, 15 Maret 2018


Dampak Disruptive Era

pada Dunia Industri Alat Berat dan seluruh Sektor Usaha Pendukungnya



Era disruptif adalah masa dimana bermunculan banyak sekali inovasi-inovasi yang tidak terlihat, tidak disadari oleh organisasi mapan, sehingga dapat mengganggu atau menghancurkan tatanan sistem lama. Dampak ini mempengaruhi banyak sektor. Baik sektor kontruksi, manufaktur, mineral dan lain-lain. Salah satunya sektor industri alat berat.

Industri alat berat kini berkembang sangat pesat. Industri ini mencakup sektor kontruksi, perkebunan, pertambangan, transportasi dan lain-lain. Para pemain besar seperti komatsu, hitachi, caterpilar seharusnya mempunyai inovasi-inovasi baru agar dapat terus memimpin sektor ini. Kini telah banyak pemain-pemain baru dengan produk yang hampir sama, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Banyak dari mereka yang mengebangkan teknologi baru untuk menggeser pemain besar. Teknologi baru dengan biaya produksi lebih rendah namun dengan kualitas hampir sama. Sehingga konsumen akan semakin selektif dalam pembelian alat berat.

Begitu banyak inovasi yang bermunculan yang menunjang kemajuan industri alat berat. Seperti kegiatan manufaktur alat berat. Bisnis ini semakin lama semakin canggih dengan digunakannya robot-robot yang dapat menunjang kapasitas produksi alat berat. Robot yang dapat bekerja dengan bahasa pemrograman yang kompleks namun sesuai kehendak penciptanya. Dengan adanya kecanggihan ini, maka biaya produksi semakin kecil dan kapasitas produksi semakin bertambah.

Industri alat berat di sektor pertambangan menyerap banyak sumber daya manusia. Banyak dari mereka bekerja sebagai operator, mekanik, administratif dan lain-lain. Namun ketika bisnis pertambangan sudah semakin maju, mungkin akan menggantikan peran-peran pekerja dari sektor pertambangan ini. Ketika alat berat sudah dikendalikan dengan remot kontrol, maka kapasitas produksi dapat terukur sesuai keinginan. Alat berat yang ada dipertambangan akan bekerja secara otomatis sesuai dengan program yang dikehendaki para penciptanya.

Kini alat berat sudah memiliki teknologi yang canggih. Seperti pada excavator komatsu PC 200-8 yang telah memiliki teknologi komtrax. Komtrax (Komatsu Machine Tracking System) adalah sistem yang dikembangkan oleh perusahaan Komatsu untuk memantau alat berat yang mereka miliki. Sistem ini dapat memantau keberadaan unit, dapat memonitor kerusakan unit, dapat mengetahui jadwal servis dan lain-lain. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa pelaku industri memilih excavator komatsu. Pelaku industri alat berat lain dituntut untuk memiliki inovasi serupa atau inovasi yang lebih baik dari ini. Hal ini dapat menjaga eksistensi pelaku industri alat berat.

Saya setuju bahwa Industi 4.0 adalah solusi dari dampak era disruptif. Saya yakin bahwa mahasiswa D4 Teknik pengelolaan dan Perawatan Alat berat yang bergabung dalam sebuah perusahaan atau institusi mampu mempertahankan eksistensi sebuah perusahaan dan bersaing dengan para kompetitornya. Mahasiswa telah dibekali keahlian material, pemrograman komputer, elektronika dasar, sistem kendali, dan lain-lain yang menjadi dasar melakukan inovasi-inovasi baru di industri alat berat. Inovasi baru ini akan meminimalkan dampak negatif dari era disruptif.