-->

Rabu, 24 Oktober 2018

Berawal dari PT. Indomobil Investment Corporation (Perseroan) yang berdiri pada tahun 1976 yang kemudian dilakukan penggabungan  usaha (merger) dengan PT. Indomulti Inti Industri pada tahun 1997. Sejak saat itulah status Perseroan  berubah menjadi perusahaan terbuka dengan nama PT. Indomobil Sukses Internasional Tbk.

PT. Indomobil Sukses Internasional Tbk adalah sebuah perusahaan otomotif yang terbesar dan terkemuka di Indonesia, dengan fokus usaha di bidang ritel, layanan purna jual dan pembiayaan kendaraan bermotor. Indomobil dan anak-anak perusahaannya (Indomobil Group) merupakan agen tunggal pemegang merek (ATPM) atau distributor dari sembilan brand; Audi, Chery, Foton, Hino, Nissan, Renault, Suzuki, SsangYong, Volkswagen dan Volvo, dengan ragam produk yang mencakup kendaraan roda empat dan dua, ATV, mesin motor tempel, kendaraan niaga, kendaraan serbaguna, truk, bis, alat berat dan kendaraan angkutan umum.

PT. Indomobil Sukses Internasional Tbk juga memiliki investasi di beberapa perusahaan jasa keuangan, teknologi informasi, jasa pengelolaan gedung, manufaktur, perdagangan, penyewaan kendaraan bermotor dan sektor usaha lainnya yang merupakan jaringan distribusi, suku cadang dan layanan purna jual yang luas dan terintegrasi.

PT. Indotruck Utama adalah anak perusahaan dari Indomobil Group yang tergabung dalam kelompok usaha kendaraan komersil, alat berat dan pertambangan. PT. Indotruck Utama didirikan pada tahun 1988 yang berlokasi di Jl. Raya Cakung Cilincing KAV. 3A Semper Timur, Jakarta Utara. Pada perkembangannya, dimulai pada tahun 1988, PT. Indotruck Utama mendistributori Volvo Trucks yang merupakan merek asal Swedia untuk wilayah seluruh Indonesia kecuali Kalimantan. Kemudian pada tahun 1991, PT. Indotruck Utama ditunjuk sebagai satu-satunya dealer untuk Kalmar, yang merupakan alat angkat spesialis peti kemas (contrainer) yang merupakan alat pabrikan Jerman.

Pada tahun 1996 PT. Indotruck Utama mulai menjual Manitou yang merupakan merek Eropa spesialis forklift. Kemudian pada tahun 2006 menjadi dealer resmi Mack Trucks yakni truk asal Amerika dan pada tahun 2009 menjadi dealer resmi salah satu truk Eropa yakni Renault Trucks dari Prancis. Terakhir pada tahun 2011, PT. Indotruck Utama ditunjuk sebagai dealer resmi untuk Volvo Costruction Equipment (VCE) yang merupakan alat berat merek Volvo untuk daerah pemasaran di Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Papua. Akan tetapi tidak hanya merek Eropa saja yang didistributori oleh PT. Indotruck Utama, ada juga alat berat merek Cina seperti Shandong Lingong (SDLG) dan Liugong.

Oleh karena pertumbuhan bisnis yang tinggi, pada tahun 2014 PT. Indotruck Utama hanya fokus pada penjualan Volvo Costruction Equipment, Volvo Trucks dan SDLG. Sementara untuk Renault Trucks, Kalmar dan Manitou dipegang oleh PT. Indo Traktor Utama, yang merupakan adik perusahaan dari PT. Indotruck Utama. Ada juga adik perusahaan lain yang masih satu kantor dengan PT. Indotruck Utama, yakni PT. Indo Global Traktor yang mendistributori alat-alat jenis crane dan generator (genset) seperti Global Crane dan Zoomlion.