-->

Rabu, 24 Oktober 2018


PT United Tractors Tbk (UT) berdiri pada 13 Oktober 1972 dengan nama PT Astra Motor Works dan PT Astra Internasional Tbk sebagai pemegang saham mayoritas. Selanjutnya nama tersebut diubah menjadi United Tractors (UT). Segera setelah beroperasi, UT memperoleh kepercayaan sebagai agen tunggal berbagai macam alat berat yang memiliki reputasi internasional, antara lain merek KOMATSU dari Komatsu Ltd, Japan yang sudah sejak awal menjadi perintis kerja sama dengan UT.
PT United Tractors Tbk (“United Tractors” atau “UT”) adalah distributor alat berat terbesar dan terkemuka di Indonesia, menawarkan produk dari merek terkenal di dunia: seperti Komatsu, Komatsu Forest, UD Trucks, Scania, Bomag, dan Tadano. Usaha Perseroan dirintis pada tahun 1972 sebagai distributor tunggal untuk produk Komatsu di Indonesia. Usaha ini terus tumbuh, dan pada 19 September 1989 United Tractors resmi terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya, dengan PT Astra International Tbk sebagai pemegang saham mayoritas. Pencatatan saham ini juga menandai komitmen untuk menjadi perusahaan berbasis solusi kelas dunia. United Tractors kini telah berkembang menjalankan tiga bidang usaha, yaitu Mesin Konstruksi, Kontraktor Penambangan dan Pertambangan Batu bara, yang didukung oleh jaringan yang luas terdiri dari 19 cabang, 22 kantor site support, 11 kantor perwakilan dan 14 kantor penambangan di seluruh Indonesia.
Perseroan memulai usahanya pada tanggal 13 Oktober 1972 dengan menjadi distributor produk alat berat. Selama sekitar sepuluh tahun sejak berdiri, bisnis United Tractors berfokus untuk menjadi distributor tunggal produk Komatsu, Tadano crane dan forklift serta Bomag vibratory roller. Perusahaan sangat bangga telah membangun kemitraan jangka panjang dengan Komatsu untuk pendistribusian secara eksklusif produk mereka di Indonesia sejak tahun 1973. Pemakaian produk alat berat umumnya digunakan di bidang pertambangan, perkebunan, konstruksidan kehutanan serta untuk material handling dan transportasi.
Pada tahun 1983, melalui anak perusahaan PT United Tractors Pandu Engineering (“UTPE”), United Tractors masuk ke bisnis rekayasa dan pembuatan komponen alat berat. Kemudian, melalui Komatsu Remanufacturing Asia (“KRA”), yang didirikan pada tahun 1997, dan PT Tekno Universal Reksajaya(“UTR”), yang berdiri pada tahun 2011, United Tractors juga masuk ke usaha penyediaan layanan rekondisi mesin. Sejak tahun 2004, United Tractors ditunjuk menjadi distributor eksklusif untuk truk dan bus Scania, serta Komatsu Forest untuk Indonesia. Perseroan kemudian mendirikan PT Andalan Multi Kencana (“AMK”) pada 2010 untuk mendistribusikan commodity parts. United Tractors juga membentuk beberapa anak perusahaan lain untuk membantu menyediakanberbagai jenis produk dan jasa, termasuk PT Bina Pertiwi (“BP”), yang menyalurkan dan menyediakan sewa traktor pertanian Kubota, Komatsu dan Kubota generator, mini excavator Komatsu, serta Komatsu forklift. Sebagai perusahaan yang berbasis solusi, selain menyediakan produk alat berat dan suku cadang, United Tractors secara komprehensif juga menyediakan layanan sebagai berikut:
1. Konsultasi Lapangan
2. Rekomendasi Alat Berat yang Optimal
3. Program Pemeriksaan Mesin
4. Program Pemantauan Alat Berat
5. Remanufaktur dan Rekondisi
6. Pelatihan untuk Operator dan Mekanik
7. UT Call di nomor 500 072 ( 24/7 pusat layanan pelanggan )
8. Guaranted Product Support