Contoh Pidato Bertemakan Pendidikan

Diposkan oleh Dani Wisnu on Jumat, 15 Maret 2013



PIDATO PENDIDIKAN

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rohmat dan hidayahnya sehingga kita dapat melaksanakan Ujian Praktek Bahasa Indonesia pada hari Sabtu ini, dengan lancar tanpa kurang suatu apapun. Shalawat serta salam semoga senantiasa tetap tercurahkan kepada Junjungan kita Nabi besar kita Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat dan semoga senantiasa tercurahkan kepada kita semua. Amin!

Yang terhormat bapak ibu guru dan teman-teman semua yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini saya akan membicarakan tentang “Penghapusan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dari Sistem Pendidikan di Indonesia.”

Pemerintah secara resmi telah menghapuskan RSBI dari sistem pendidikan di Indonesia sejak awal tahun 2013. Hal ini dikarenakan  sistem pembelajaran RSBI yang lebih berorintasi pada pendidikan ala barat dan cenderung menghilangkan karakter budaya bangsa. Pemerintah memberi tenggang waktu 6 bulan untuk menghapuskan kurikulum berbasis RSBI dan diganti dengan kurikulum budaya bangsa kepada sekolah-sekolah yang telah mencantumkan RSBI pada kurikulum sekolahnya
.
Karakter budaya bangsa yang terdapat dalam muatan lokal tidak boleh dihapuskan karena itu adalah identitas bangsa. Seperi halnya Yogyakarta yang harus mencantumkan Bahasa Jawa dan Membatik sebagai bentuk pelestarian budaya bangsa.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan kurikulum RSBI tidak sesuai dengan karakter pendidikan indonesia, yang lebih mengutamakan karakter budaya bangsa dalam pendidikannya

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata dan tutur kata yang tidak berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb






#Pidato ini dikarang oleh teman kita : Rizqa Puspita Nurhidayati, Siswi kelas 9 SMP 2 Bambanglipuro.





{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar