-->

Jumat, 15 Maret 2013


PIDATO ETIKA

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rohmat dan hidayahnya sehingga kita dapat melaksanakan Ujian Praktek Bahasa Indonesia pada hari Sabtu ini dengan lancar tanpa kurang suatu apapun. Shalawat serta salam semoga senantiasa tetap tercurahkan kepada Junjungan kita  Nabi besarkita Muhammad SAW.

Yang terhormat bapak ibu guru dan teman-teman semua yang saya banggakan. Pada kesempatan kali ini saya kan membahas tentang “Etika Pergaulan Remaja pada Saat Ini.”

Kita semua pastinya punya televisi dirumah,  sebagai sarana informasi dan juga hiburan. Program yang ditayangkan ditelevisi banyak sekali yang bagus dan bermanfaat bagi kita semua, tetapi ada juga tayangan hiburan khususnya sinetron ataupun serial tv yang justru mempertontonkan perilaku generasi muda yang tidak baik, yang justru itu yang diikuti oleh generasi muda biar dibilang gaul. Contoh kongkretnya adalah sebuah tayangan tentang perilaku siswa yang berani sama gurunya, ataupun anak yang berani sama orang tua, yang dampaknya sangat terasa sekali dalam peradapan disekolah dan juga dirumah dalam kehidupan nyata. Apalagi tokoh-tokoh dari luar negeri yang baru digandrungi oleh anak-anak muda sekarang.

Memang pada zaman sekarang tingkah laku pelajar di indonesia lebih didominasi dengan meniru trend mode bangsa barat. Seperti berpakaian minim, ketat dan pergaulan bebas. Padahal semua itu bertentangan dengan budaya bangsa Indonesia, oleh sebab itu penanaman norma-norma agama dan pengendalian dari orang tua sangat dibutuhkan guna mengantisipasi kejadian-kejadia yang tidak diinginkan.

Ditambah dengan adanya internet yang memudahkan para pelajar untuk membuka situs-situs yang sebenarnya tidak boleh dibuka oleh anak-anak usia sekolah. Ini membuat moral generasi muda berkembang kearah yang tidak baik. Oleh karena itu sebaiknya pemerintah memblokir situs-situs yang kurang baik tersebut.

Untuk itu marilah kita sebagai generasi muda, bisa menyaring budaya yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia atau kepribadian bangsa Indonesia dan mengambil budaya yang positif dari luar untuk kemajuan kita semua.

Sekian yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata dan tutur kata yang tidak berkenan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb


#Pidato ini dikarang oleh teman kita : Rizqa Puspita Nurhidayati, Siswi kelas 9 SMP 2 Bambanglipuro.