-->

Minggu, 28 Oktober 2018


Mesin Diesel

Pada motor diesel, solar dibakar untuk memperoleh energi termal. Energi iniselanjutnya digunakan untuk melakukan gerakan mekanik. Prinsip kerja motor dieselsecara sederhana dapat dijelaskan sebagai berikut, yaitu solar dari boostpump dihisapmasuk ke dalam silinder, udara murni dihisap dan dikompresikan pada 8º-12ºsebelum piston mencapai titik mati atas kemudian bahan bakar dikabutkan makaterjadilah pembakaran. Bila piston bergerak naik turun didalam silinder danmenerima tekanan tinggi akibat pembakaran, maka tenaga pada piston akanmengakibatkan piston terdorong ke bawah. Gerakan naik turun pada torak diubahmenjadi gerak putar pada poros engkol oleh connecting rod. Selanjutnya gas-gas sisapembakaran dibuang dan campuran udara bahan bakar tersedia pada saat-saat yangtepat untuk menjaga agar piston dapat bergerak secara periodik dan melakukan kerjatetap.
Secara siklus dapat dirinci sebagai berikut
  • Langkah Hisap

Pada langkah hisap, udara dimasukkan ke dalam silinder. Pistonmembentuk kevakuman didalam silinder seperti pada mesin bensin, pistonbergerak kebawah dari TMA menuju TMB. Terjadinya vakum inimenyebabkan katup hisap terbuka dan memungkinkan udara segar masukkedalam silinder. Sedangkan katup buang menutup selama melakukan langkahhisap.
  • Langkah Kompresi

Pada langkah kompresi, piston bergerak dari TMB menuju TMA. Padasaat ini kedua katup hisap dan buang tertutup. Udara yang dihisap selama langkah hisap kemudian ditekan pada 8º-12º sebelum piston mencapai titikTMA bahan bakar dikabutkan maka terjadilah pembakaran.
  • Langkah Kerja

Energi pembakaran mengekspansikan dengan cepat sehingga pistonterdorong kebawah. Gaya yang mendorong piston kebawah diteruskan keconnecting rod dan poros engkol dirubah menjadi gerak putar untuk memberitenaga pada mesin.
  •  Langkah Buang


Pada saat piston menuju TMB, katup buang terbuka dan gas sisa hasilpembakaran dikeluarkan melalui katup buang pada saat piston bergerak ke ataslagi. Gas akan terbuang habis pada saat piston mencapai TMA.