-->

Sabtu, 27 Oktober 2018

Motor Diesel


Salah satu penggerak mula yang banyak dipakai adalah mesin kalor, yaitu mesinyang menggunakan energi termal untuk melakukan kerja mekanik atau yang mengubahenergi termal menjadi energi mekanik. Energi itu sendiri dapat diperoleh dengan prosespembakaran, proses fisi bahan bakar nuklir atau proses-proses yang lain. Ditinjau daricara memperoleh energi termal ini, mesin kalor dibagi menjadi dua golongan yaitumesin pembakaran luar dan mesin pembakaran dalam.Pada mesin pembakaran luar proses pembakaran terjadi di luar mesin dimanaenergi termal dari gas hasil pembakaran dipindah ke fluida kerja mesin melaluibeberapa dinding pemisah. Sedangkan pada mesin pembakaran dalam atau dikenaldengan motor bakar, proses pembakaran terjadi di dalam motor bakar itu sendirisehingga gas pembakaran yang terjadi sekaligus berfungsi sebagai fluida kerja.
Motordiesel disebut juga motor bakar atau mesin pembakaran dalam karena pengubahantenaga kimia bahan bakar menjadi tenaga mekanik dilaksanakan di dalam mesin itusendiri. Di dalam motor diesel terdapat torak yang mempergunakan beberapa silinderyang di dalamnya terdapat torak yang bergerak bolak-balik (translasi). Di dalam silinderitu terjadi pembakaran antara bahan bakar solar dengan oksigen yang berasal dari udara.Gas yang dihasilkan oleh proses pembakaran mampu menggerakkan torak yangdihubungkan dengan poros engkol oleh batang penggerak. Gerak tranlasi yang terjadipada torak menyebabkan gerak rotasi pada poros engkol dan sebaliknya gerak rotasitersebut mengakibatkan gerak bolak-balik torak.
Konsep pembakaran pada motor diesel adalah melalui proses penyalaan kompresiudara pada tekanan tinggi. Pembakaran ini dapat terjadi karena udara dikompresi padaruangan dengan perbandingan kompresi jauh lebih besar daripada motor bensin (7-12),yaitu antara (14-22). akibatnya udara akan mempunyai tekanan dan temperatur melebihisuhu dan tekanan penyalaan bahan bakar.Hal ini berbeda untuk percikan pengapian mesin seperti mesin bensin yangmenggunakan busi untuk menyalakan campuran bahan bakar udara.