-->

Kamis, 17 Februari 2011


Salam, kenal! SMP 1  Sanden, sudahkan kalian tahu? Perlu kita ketahui, SMP 1 SANDEN terletak di desa Murtigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.  Sekolah ini di negrikan pada tanggal 11 Desember 1963. Sudah tuwa bukan? Sekolah ini sedah merintis kelas Bilingual yang nantinya akan menjadi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.


Memang, semakin bertambah umur sekolah ini semakin banyak prestasi gemilan yang diraih. Akan tetapi semakin banyak prestasi itu tidak diimbangi dengan perhatian Pemerintah Daerah kepada sekolah ini. Sekolah ini minim fasilitas, namun selalu menorehkan prestasi dari tahun ke tahunnya. Teman-teman mungkin juga perlu tahu, mantan SMP saya ini sampai sekarang selalu meminjam Lapangan Desa Murtigading untuk melaksanakan Upacara Bendera setiap hari Senin.  Ada juga lapangan basket yang hanya mempunyai satu ring, sehingga anak-anak di sekolah ini kurang leluasa bermain bola basket.

Corak SMP 1 SANDEN ini memang terkenal dengan sebutan, “GEDHUNG KAYA SEPUR NANGING PRESTASI PANCEN MISUWUR.” Ya, Jika kalian sudah pernah datang langsung ke SMP 1 SANDEN, pasti kalian meyadari berapa panjangnya gedung  SMP 1 SANDEN ini.  Gedung di SMP ini juga terdiri dari tiga bangunan Utama, yaitu bangunan lajur Barat yang membentan sekitar  delapan ruangan. Kemudian Lajur timur yang terdiri dari enam ruangan. Dan yang terakhir adalah lajur utara yang digunakan untuk laboratorium di sekolah ini.



                                                                                                     
Memnag pernah beberapa saat ada rumor jika SMP 1 SANDEN, akan direhap semuanya. Sampai sekarang rumor itu hanyalah rumor dan mungkin rencana rehab tersebut tidak jadi terealisaikan. Memprihatinkan sekali bukan? Sekolah tervaforit se-Kabupaten Bantul ini kondisinya masih seperti ini.

Memang dalam tulisan ini, saya ingin sekali dibaca oleh bapak pejabat. Kami memohon agar Sekolah Ini lebih diperhatikan lagi. Kami juga selalu berdoa agar, alumi dari sekolah ini akan menggantikan kursi-kusi pemerintahan selanjutnya. Dan saya yakin, itu pasti.

Harapan kami, pihak alumni. Semoga SMP 1 SANDEN semakin Berjaya. Semakin berprestasi di masa-masa yang akan datang. Akhir kata, selamat dan sukses untuk kita semua! Terimakasih!