-->

Senin, 07 Juli 2014

Ikan lele merupakan salah satu bahan makanan yang disukai oleh banyak orang. Selain tekstur dagingnya yang lembut, ikan ini harganya sangat terjangkau oleh sebagian masyarakat. Pembesarannya pun sangat mudah dan juga menguntungkan. Ikan lele siap konsumsi berumur rata-rata 2-3 bulan (pembesaran di mulai ukuran 3 cm).
Banyak para petani ikan lele mengeluh, karena hasil dari yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Berdasarkan analisis yang telah saya lakukan dan juga pengalaman yang saya hadapi selama pembesaran ikan lele ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya :
1.      Kualitas Bibit Ikan Lele
Dalam hal ini, sejak benih kita harus memilih benih yang unggul. Kriterianya adalah sehat (tidak cacat, tidak terkena jamur, tidak lemas), bentuknya bulat ramping-panjang. di harapkan dengan bibit yang sudah unggul, akan didapatkan hasil yang lebih memuaskan.
2.      Kualitas Air Kolam
Air biasanya sangat mempengaruhi kualitas tumbuh si Ikan mungil ini. Biasanya air kolam yang baik berwarna hijau tua. Hal ini dikarenakan dalam air ini terdapat fitoplankton dan zooplankton yang baik untuk makanan ikan alami. Tambahkan pupuk pelankton kalo ada. Saat kualitas air rendah (bisanya ditandai dengan bau tak sedap, dan ikan lele menggantung) segeralah ganti air kolam tersebut. Penggantian ini akan menurunkan kematian ikan lele yang akan terjadi.
3.      Pemberian Pupuk Alami
Taukah anda pupuk alami yang baik digunakan untuk perairan ikan lele?  Kotoran ternak kambing yang sudah agak lama. Kenapa demikian? Dalam kotoran kambing ini terdapat bakteri penyusun ekosistem perairan ini. Bakteri ini yang membentuk dan sekaligus menjadi makanan bagi pelankton.
4.      Pemberian Vitamin dan Nutrisi
Kenapa hasus diberi vitamin? yaahh. Jawabannya adalah untuk memacu pertumbuhan ikan lele. Selain itu pemberian vitamin juga dimaksudkan untuk mengurangi kematian ikan lele. Ingaat! Dalam keadaan ikan lele kurang sehat jangan ditambahkan vitamin dan nutrisi, karena pemberia ini akan memperburuk keadaan. Namun, berikan vitamin dan nutrisi dalam kondisi sehat.

Beberapa tips di atas silahkkan dipahami benar-benar. Semoga berhasil dalam pembesaran ikan selalu dalam kesuksesan yang dihadapkan. Mohon maaf atas sedikitnya tips, silahkan menambahkan pengalaman anda dikolom komentar. Terimakasih. Salam Sukses!!!