-->

Senin, 17 September 2018


Oleh: Dani Wisnu Widiyanto
Kelas 3 SMA merupakan masa untuk menentukan salah satu arah masa depan. Mengapa demikian? Karena masa ini adalah masa untuk menentukan jurusan apa yang sesuai untuk karir kita. Rajinlah mencari informasi dari sumber-sumber terpercaya. Mintalah saran teman, guru BK, Guru kelas, Guru Les tentang jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kalian.Sehingga dari keputusan itu dapat diambil keputusan terbaik yang akan mengantarkan kalian ke jalan sukses sesuai dengan harapan dan cita-cita kalian. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi pengalaman dan gambaran tentang Jurusan Teknik Mesin.
Di jurusan teknik mesin kalian akan mempelajari banyak hal. Hal yang awalnya kalian pelajari yaitu matematika teknik, fisika teknik, gambar teknik, metrologi, pemrograman, dan teknologi mekanik. Beberapa hal ini di pelajari pada masa awal awal kuliah. Masa kuliah yang masih cukup dasar sebelum kalian mengikuti mata kuliah yang lebih keteknikkan lagi. Namun jangan khawatir, mata kuliah ini tidak sesulit yang kalian bayangkan.
Dimesin kalian akan mempelajari baik dari segi mekanikal maupun elektrik. Ada beberapa nata kuliah berbasis elektrik yang kalian pelajari, seperti mesin listrik, kontrol dan otomasi, dan lain lain. Jangan khawatir semua diajarkan oleh dosen-dosen yang ahli dibidangnya kok. Sehingga kalian akan lebih mudah mempelajarinya daripada kalian mempelajarinya sendiri.
Lalu matakuliah seperti apa lagi yang dipelajari? Ada bahan teknik, thermodinamika, elemen mesin, tenologi mekanik, perpindahan kalor, CAD, peralatan industri, pengecoran, pengelasan, dan lain-lain. Kalo kita kupas satu persatu akan sangan panjang tulisan ini. Jadi buat kalian yang ingin mendaftar jurusan teknik mesin, cukuplah tau duluu ya. Kalian akan merasakan sensasi tersendiri setelah menjalaninya.
Bisakah kalian mencari pacar di jurusan mesin? Bisaaa. Tapi pilihanya bakalan Cuma sedikit sekali wanita yang ada diteknik mesin.  Berapa jumlah wanita di teknik mesin sekarang? Kira-kira dibawah 10%. Namun jangan khawatir bila teman-teman adalah salah satu wanita yang akan mendaftar teknik mesin. Kalian akan menjadi seseorang yang diistimewakan oleh teman-teman kalian di teknik mesin. Kalian akan dihormati, disegani, dilindungi, dan disayang oleh teman-teman kalian. Bagaikan ratu diantara pengawal-pengawalnya.
Lalu seperti apa kegiatan praktikum yang akan kalian ikuti? Praktikum dilaksanakan setelah UTS biasanya. Kalian akan mendapatkan jadwal praktikum, dan kalian dapat memilih jadwal yang sesuai dengan waktu yang kalian punya. Kegiatan praktikum ini sangat menunjang matakuliah teori yang kalian dapatkan di kelas. Sehingga dengan kegiatan praktikum kalian akan semakin paham dan jelas dengan teori-teori yang kalian dapatkan dikelas.
Selanjutnya kalian pasti mendapatkan tawaran unit kegiatan kemahasiswa lainnya. Ikutlah UKM yang sesuai dengan minat kalian. Jangan lupa ikut organisasi juga ya. Kenapa? Kalian akan menyesal bila melewati kuliah tanpa ada liku-liku di UKM maupun organisasi. Di UKM dan organisasi kalian akan menemukan teman dari berbagai latar belakang yang berbeda. Kaliang dapat menggali potensi diri baik dalam hal publik speaking, komunikasi dengan orang lain, kepemimpinan, kewirausahaan, dan lain-lain. Semua itu bermanfaat dan manfaatkan dapat kalian rasakan di kemudian hari. Misalnya saat kalian mengikuti wawancara kerja. Pasti kalian akan ditanya mengenai kegiatan kampus apa yang perah diikuti. Sehingga ketika kalian mengikuti kegiatan kampus, maka kalian tidak merasa kebingungan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Bahkan kalian akan merasa lebih percaya diri dan lebih berwibawa dalam menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu dalam berorganisasi pasti menemui berbagai kendala dan masalah. Hal ini sangat berguna untuk melatih diri maupun mental kalian dalam mengahadapi persoalan-persoalan yang kalian hadapi di dunia kerja.
Saya rasa cukup sekian berbagi gambaran Jurusan Teknik Mesin pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi gambaran untuk kalian memilih dan yakin dengan jurusan Teknik Mesin yang akan kalian pilih ke depan. Semoga Sukses Selalu Kawan!