-->

Rabu, 24 Oktober 2018


Saat ini grup PT United Tractors Tbk memiliki sepuluh perusahaan termasuk anak perusahaan dan perusahaan afiliasi:
1.    PT Komatsu Indonesia ( KI )
KI berdiri pada tahun 1982, merupakan pabrik mesin konstruksi terbesar di Asia Tenggara, serta produsen dan perakit alat berat Komatsu. Kegiatan utamanya mencakup manufaktur, pengembangan, pemasaran dan penjualan serangkaian model alat berat untuk berbagai industri. Produk yang dihasilkan KI digunakan dalam empat sektor utama yang dilayani UT, yaitu sektor pertambangan, perkebunan, kehutanan dan konstruksi.
2.    PT United Tractors Pandu Engineering ( UTPE )
UTPE berdiri pada tahun 1983, berlokasi di Kawasan Industri MM2000, Jababeka, Cikarang. Perusahaan ini menjalankan kegiatan rekayasa dan fabrikasi attachment dan komponen alat berat.
3.    PT Pamapersada Nusantara (Pama)
Pama berdiri sejak tahun 1988, merupakan perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang eksploitasi tambang. Pada awalnya Pama merupakan divisi rental alat berat UT, sebelum akhirnya berdiri sendiri sebagai anak perusahaan UT dan diakui sebagai salah satu pionir kontraktor penambangan di Indonesia. Klien - klien utama Pama saat ini diantaranya adalah Adaro Indonesia, Kaltim Prima Coal, Tambang Batubara Bukit Asam, Kideco Jaya Agung dan Indominco Mandiri.
Pada tahun 2007 Pama mengakuisisi PT Dasa Eka Jasatama ( DEJ ), sebuah konsesi tambang batu bara yang berlokasi di Rantau, Kalimantan Selatan. DEJ memiliki kandungan batubara berkualitas tinggi dengan kalori 6.700 kcal, serta kapasitas produksi sebesar 3,5 juta ton per tahun.
4.    PT Bina Pertiwi
BP berdiri pada tahun 1976, merupakan salah satu anak perusahaaan UT yang secara khusus berperan sebagai distributor traktor pertanian Kubota. Selain menjual traktor dan suku cadang Kubota, BP juga melayani penjualan genset, serta penyewaan dan penjualan forklift Patria.
5.    PT United Tractors Semen Gresik ( UTSG )
UTSG berdiri pada tahun 1992. Perusahaan ini berdomisili di Gresik, Jawa Timur, dan berperan sebagai kontraktor pertambangan batu kapur untuk PT Semen Gresik.
6.    UT Heavy Industry ( UTHI )
UTHI berdiri pada tahun 1994 di Singapura, merupakan perpanjangan tangan UT dalam proses distribusi alat berat ke Indonesia.
7.    PT Komatsu Remanufacturing Asia ( KRA )
KRA berdiri pada tahun 1997 dengan kantor pusat dan fasilitas produksi berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur. Kegiatan utama KRA adalah remanufaktur dan rekondisi mesin dan komponen alat berat.
8.    PT Multi Prima Universal ( MPU )
MPU berdiri pada tahun 2008 dan berdomisili di Jakarta. Kegiatan utama adalah di bidang penyewaan alat berat dan penjualan alat berat bekas
9.    PT Tuah Turangga Agung ( TTA )
TTA merupakan sebuah pertambangan yang diakuisisi UT pada tahun 2008 dan berlokasi di Kapuas, Kalimantan Tengah. Luas areanya adalah sebesar 5.000 ha, dan mengandung batu bara berkualitas 6.300 kcal dengan cadangan batubara sebesar 40 juta ton.