-->

Sabtu, 28 Januari 2012


Dusun Klagaran

Klagaran merupakan salah satu dusun yang terletak di Gadingsari, Sanden, Bantul. Dusun ini tidak terlalubesar. Berpenduduk sekitar 200 kepala keluarga. Semua penduduk saling berinteraksi satu sama lainnya. Dipimpin oleh seorang kepala dusun bernama WARNO ATMOJO. Juga beberapa pemuka masyarakat seprti       :
1.      Bapak Marjuki
2.      Bapak Sukarman
3.      Bapak Supardal
4.      Bapak Surono
5.      Bapak Kasidi
6.      Bapak Sardani
7.      Bapak Mitro Wiarjo
8.      Dan lain sebagainya.

Dalam beberapa pengamatan, dusun ini selalu mengadakan pertemuan seminggu sekali. Pertemuan-pertemuan ini selalu bervareasi. Seperti kumpul-kumpul ronda, Arisan, Rapat bulanan, dan pengajian Jumat Kliwon.

Semua hal tersebut selain menjadi agenda tahunan, bulanan, mingguan, harian, juga merupakan hal yang terpenting dari kehidupan mereka dalam menjalin social satu sama lainnya. Sehingga tidak lain dan tidak bukan bahwa warga dusun,Klagaran, Gadingsari, Sanden, Bantul itu makmur-makmur. Hehehheee.

Kegiatan tahunan adalah mengadakan Sholat terawih bersama, Kemudian pengajian bulan Romadhon dan lain sebagainya.Semua itu seudah dibahas jauh hari dengan pertemuan dan kekompakan yang dusun Klagaran ini jalankan.

Pemimpin yang ahli dan juga memasyarakat juga sangat dibutuhkan di dusun ini. Tentunya pemimpin yang arif, bijaksana, tegas dan bisa memasyarakat. Pemimpin harus dekat dengan rakyat,dikenal oleh rakyat dan diajeni oleh masyarakat sekitarnya.

Pandangan kedepan, berharap bahwa dusun Klagaran ini lebih maju dan berkembang lebih pesat. Terutama salah satu sector yang paling diandalkan dari dusun ini adalah bidang pertanian, ada juga bidang kerajinan seperti Enceng gondhok yang biasa diekspor ke luarnegri.  Ada juga pembuatan kandang ayam yang dipelopori oleh bapak Wardani.

Cerita-cerita ini kami harap bisa menjadi gambaran kalian dalam membenahi dusun-dusun kalian yang baru dalam tahap perkembangan.