-->

Rabu, 15 Februari 2012


Nama saya Dani Wisnu Widiyanto berasal dari kelas Sepuluh Dua (X2). Saya sangat bahagia menjadi salah satu bagian dari SMA NEgeri 1 Bantul ini setelah melalui berbagai macam seleksi yang menegangkan akhirnya dengan kuasa Tuhan dan kepercayaanku yang tinggi, saya dapat diterima di SMA Negeri 1 Bantul tercinta. Setelah saya diterima disini, saya mempunyai visi dan harapan sebagai konsekuensi atas diterimanya saya di SMA favorit ini.
Visi saya demi melangkah bersama SMA Negeri 1 Bantul adalah “always try to find a new way of life”. Maksud dari visi saya tersebut adalah untuk selalu berani mencoba dan mencoba dalam menemukan solusi dari sebuah masalah. Tidak pantang menyerah sampai mendapatkan apa yang saya inginkan dalam hal ini maksudnya adalah demi mewujudkan cita-cita yang gemilang baik itu untuk kepentingan saya sendiri maupun kepentingan membawa nama baik SMA tercinta SMA Negeri 1 Bantul. Dengan selalu bersemboyan pada kata-kata yang saya kutip dari tulisan berbahasa Inggris “Never give up”. “Studying through trial and error”. Never give up berarti tidak pantang menyerah dalam mencapai cita-cita yang saya punya, meskipun banyak halangan yang saya lalui, saya tidak akan menyerah sampai mendapatkannya. Saya akan membudiyakan untuk bekerja bersama-sama dengan teman saya, karena ibarat sapu lidi, jika hanya terdiri dari satulidi itu maka untuk memusnahkan seekor lalat pun akan sangat sulit, namun jika lidi itu bersatu menjadi kesatuan yang disebut dengan sapu lidi maka untuk memusnahkan lalat akan sangat mudah. Saya pun akan menganalogikan kisah sapu lidi mengusir lalat dalam kehidupan saya, jadi dalam menggapai cita-cita menuju kejayaan SMA Negeri 1 Bantul saya akan selalu mengobarkan semangat bersama teman-teman sekalian untuk bersama-sama maju dalam membudayakan berprestasi, brsama-sama belajar dan berusaha melakukan sesuatu demi kebaikan, demi kejayaan, demi prestasi yang gemilang, baik mempertahankan maupun meraih kesuksesan untuk mewujudkan cita-cita SMA Negeri 1 Bantul.
Harapan saya untuk SMA Negeri 1 Bantul adalah SMA tercinta lebih maju, lebih berprestasi bahkan mengalahkan pemikiran mereka-mereka yang katanya di kota. Menunjukkan bahwa meskipun kita adalah para siswa berdomisili di desa, namun kita mempunyai semangat paling tidak selangkah lebih maju daripada mereka-mereka yang di kota. Tidk perlu jauh-jauh sekolahdi kota untk menuntut ilmu karena dengan keyakinan segenap warga SMA Negeri 1 Bantul, kita akan dapat maju bersama-sama melangkah, tiada hari tanpa prestasi. Mewujudkan sekolah dengan pemikiran yang luar biasa namun dengan tetap mempertahankan keraifan budaya kita, budaya lokal setempat. Mengunggulkan otak, namun dengan tetap berlaku arif, bijaksana sesuai dengan logo SMA Negeri 1 Bantul yang selalu santun dalam berperilaku. Harapan saya terhadap sekolah agar memberikan fasilitas untuk kami sebaik-baiknya semaksimal mungkin dengan tujuan kami sebagai siswa juga akan berusaha melakukan yang terbaik demi SMA Negeri 1 Bantul semaksimal mungkin. Jika antara sekolah dan siswa terdapat kerjasama yang bagus,maka tujuan dan cita-cita alias visi dan misi yang ingin dicapai oleh SMA Negeri 1 Bantul akan tercapai. Namun jika tidak terjadi keserasian maupun kerjasama yang bagus antara semua warga sekolah maka semua yang telah dicita-citakan agar tercapai. Maka sebuah koordinasi yang bagus antara warga sekolah perlu dilakukan untuk selalu memonitoring segala sesuatu yang dilakukan oleh warga sekolah. Maka semua itu akan dicapai ketika rasa saling percaya melekat disetiap warga sekolah baik siswa, guru, staff, kepala sekolah sebagai pemimpin, maupun pihak alumni sebagai motivator dan ditambah pihak luar khususnya masyarakat sebagai pemantau dan pengevaluasi apapun yang telah dikerjakan oleh warga sekolah SMA Negri 1 Bantul.
Yang ingin saya lakukan untuk mengharumkan nama sekolah secara internal adalah dengan berusaha dan berusaha diawalai dari diri sendiri untuk selalu mencintai sekolah sendiri, selalu bangga dengan sekolah pilihan, SMA Negeri 1 Bantul. Dengan jiwa bangga dan memiliki akan sekolah maka akan terwujud rasa luar biasa yang akan timbul dalam upaya mengharumkan nama baik sekolah secara internal. Ketika saya mempunyai  rasa cinta dengan sekolah dan terbukti dengan action (tidakan) saya secara nyata maka saya yakin sebelah saya dan semua yang dekat dengan saya dan bahkan semua siswa SMA Negeri 1 Bantul akan termotivasi untuk mencintai sekolah. Dengan demikian upaya mengharumkan SMA NEgeri 1 Bantul secara internal akan tercapai, karena secara internal dimaksudkan dari dalam yaitu harum diliat dari warga sekolahnya sendiri.
Terkait dengan tujuan hidup saya, saya akan menguraikan beberapa keinginan-keinginan terpendam saya yang saya yakin suatu saat nanti akan terwujud dengan kekuatan dan keyakinan saya terhadap potensi yang saya miliki dan kepercayaan orangtua saya terhadap sekolah yang saya cintai. Sekolah Menengah Atas atau yang biasanya disingkat dengan SMA menurut saya semacam batu loncatan dari Sekolah Menengah Pertama atau SMP (dari katanya saja sudah jelas kalau SMP merupakan tingakatan menengah pertama) lalu meloncat menuju bangku perkuliahan, batu loncatan tersebut adalah SMA. Maka keinginan-keinginan saya di SMP yang mau tidak mau sudah saya janjikan kepada orangtua saya yaitu menjadi anak sukses dan sholeh saya loncatkan melalui SMA lalu menuju perguruan tinggi dan kemudian menuju sesuatu yang nyata yaitu dunia kehidupan yang sejati, bekerja dan hidup sebagai sesuatu yang baru di dunia yang baru yaitu dunia dewasa. Tujuan hidup saya untuk selalu melakukan sesuatu sebaik-baiknya dan mendapatkan sesuatu atas usaha maksimal saya.