Prinsip Kerja Turbocharger |
Turbocharger memanfaatkan gas buang sisa pembakaran
untuk memutar turbin wheel. Daya dari turbin wheel diteruskan untuk memutar
impeller melalui shaf yang menghubungkan turbin dan impeller. Putaran dari
impeller ini akan dimanfaatkan untuk mengkompresi udara yang dihisap dari air
cleaner dimasukkan ke ruang bakar untuk meningkatkan kualitas dan tenaga dari
pembakaran bahan bakar.
Pada turbocharger, ada yang dilengkapi dengan swing
valve ada juga yang menggunakan intercooler. Swing valve berfungsi untuk
mengontrol tekanan udara yang masuk ke turbocharger. Ketika tekanan pada intake
manifold tinggi maka swing valve controller terdorong ke kiri sehingga swing
valve membuka. Ketika tekanan pada intake manifold rendah maka swing valve
controller ke kanan sehingga swing valve menutup. Sedangkan intercooler
berfungsi untuk menurunkan temperatur udara yang masuk.
Swing valve controller akan bekerja pada tekanan 0,68
kgf/cm2 (sesuai shop manual masing-masing unit). Ketika boost
pressure didalam intake manifold di bawah 0,68 kgf/cm2 maka aktuator
tidak bekerja dan swing valve akan menutup. Semua ga buang melalui turbine
housing.