-->

Rabu, 31 Oktober 2018

Prinsip Kerja Turbocharger


Turbocharger memanfaatkan gas buang sisa pembakaran untuk memutar turbin wheel. Daya dari turbin wheel diteruskan untuk memutar impeller melalui shaf yang menghubungkan turbin dan impeller. Putaran dari impeller ini akan dimanfaatkan untuk mengkompresi udara yang dihisap dari air cleaner dimasukkan ke ruang bakar untuk meningkatkan kualitas dan tenaga dari pembakaran bahan bakar.
Pada turbocharger, ada yang dilengkapi dengan swing valve ada juga yang menggunakan intercooler. Swing valve berfungsi untuk mengontrol tekanan udara yang masuk ke turbocharger. Ketika tekanan pada intake manifold tinggi maka swing valve controller terdorong ke kiri sehingga swing valve membuka. Ketika tekanan pada intake manifold rendah maka swing valve controller ke kanan sehingga swing valve menutup. Sedangkan intercooler berfungsi untuk menurunkan temperatur udara yang masuk.
Swing valve controller akan bekerja pada tekanan 0,68 kgf/cm2 (sesuai shop manual masing-masing unit). Ketika boost pressure didalam intake manifold di bawah 0,68 kgf/cm2 maka aktuator tidak bekerja dan swing valve akan menutup. Semua ga buang melalui turbine housing.