-->

Minggu, 24 Agustus 2014

Prospek Kerja Teknik Alat Berat
Universitas Gadjah Mada memiliki 18 fakultas dan 2 Sekolah. Salah satunya adalah Sekolah Vokasi. Sekolah Vokasi UGM memiliki peranan penting dalam dunia kerja nantinya. Dimana lapangan kerja sangat menanti di luar sana dan mengharapkan lulusan Sekolah Vokasi sangat dinantikan untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Kelebihannya mahsiswa diploma adalah memiliki kompetensi dan pengalaman yang lebih baik dan lebih banyak.
Dalam rangka menghadapti AFTA 2015. Dalamhal tersebut diperlukan pelatihan-pelatihan untuk menunjang skil dan kemampuan yang terpendam dari sekelompok mahasiswa. Salahsatunya dibuka program Diploma Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat berat Sekolah Vokasi UGM atau biasa disebut teknik alat berat ini, dibuka pertama tahun 2012. Prodi ini memiliki angkatan pertama tahun 2013. Cenderung masih se-usia jagung, namun prodi ini memiliki banyak peminatnya. Persaingannya pun sangat ketat, baik dari SMA maupun SMK memperebutkan kursi prodi ini. Prodi ini memiliki kesamaan dengan diploma teknik mesin, hanya saja sudah memiliki kehususan menangani Alat Berat. Baik itu mekanik, perawatan dan industry.
Program ini setara dengan S1 Teknik Mesin. Dimana gelar yang didapatkan adalah Sarjana Terapan (S.ST). Di jalanai mahasiswa rata-rata dalam 4 tahun. Sksnya pun hampir sama jumlahnya dengan S1. Pada semester awal mata kuliahnya sama dengan d3 atau S1 Teknik Mesin, Perbedaan yang mendasar hanyalah jam praktek untuk program ini sebesar 60% dari jumlah sks total. Sedangkan untuk teori hanya 40%. Disini kita dituntut untuk merealisasikan teori dengan kenyataan yang dilakukan dengan praktek sesuai prosedurnya. Di semester 7/8 mahasiswanya akan menjalani tugas akhir bukan skripsi.
Pembelajarannya pun sangat menarik. Di damping oleh dosen-dosen ahi dan berkompeten dalam bidangnya merupakan suatu kebahagiaan untuk para mahasiswa Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat. Meski kegiatannya pembelajaran dan praktikum sangat padat, namun mahasiswa UGM pasti bias menghadapinya karena yang bias masuk Universitas Gadjah Mada sudah terseleksi dari kurang lebih 230.000 pendaftar yang memimpikan untuk masuk Universitas ternama ini.
Teknik Alat Berat disini memiliki peranan penting dalam dunia pertambangan, kontraktor, dan segala sesuatu yang membutuhkan alat berat. Lulusannya berprofesi bukan menjadi operator alat berat namun lebih ke teknisi bahkan perakit alat berat. Disini prodi ini bekerjasama dengan salah satu PT ternama yaitu Heksindo Adiperkasa yang merupakan salah satu perusahaan Alat Berat ternama di Kalimantan Timur yang masih kekurangan sekitar 3000an lulusan diploma alat berat.
Di Indonesia banyak terdapat perusahaan pertambangan baik itu pertambangan batu bara, emas, perak, mangan, pasir besi, pasir, dan lain sebagainya. Dalam hal tersebut pastilah memerlukan Alat Berat, di mana kita sangatlah dibutuhkan. Mahasiswa Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat biasa melakukan magang pada semester 6-7, dimana tempat magang itu merupakan partner Universitas Gadjah Mada dan nantinya lulusan dari prodi ini akan diserap oleh perusahaan tersebut. Lulusannya memiliki grade yang tinggi, tak heran kalau banyak perusahaan yang menawarkan kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada untuk direkrut menjadi karyawannya.
Bagi teman-teman yang masih bimbang memilih jurusan apa, mulailah berfikir terbuka. Program ini dirancang dengan proporsi praktek banyak karena pada kenyataannya dunia kerja lebih membutuhkan tenaga ahli yang lebih berpengalaman. Program diploma ini memiliki prospek yang sangat bagus,  tak sampai satu bulan setelah kelulusan, Lulusannya langsung diserap oleh perusahaan, contohnya PT Heksindo Adiperkasa, PT pertamina (BUMN), Dinas Pekerjaan Umum dan lain lain. Terbukti bahwa tahun-tahun ini pemerintah lebih mengutamakan pembangunan Poliklinik. Perlu di ingat juga, bahwa persaingan diploma juga dengan diploma tentunya dan terpisah dari S1. Setelah anda lulus Sekolah Menengah, maka semuanya tergantung anda. Andalah yang dituntut untuk membantu menyangga pundak kesatuan yang besar. Kuliah akan menambah harkat dan martabat anda.
Janganlah ragu buat teman-teman yang akan masuk jenjang perkuliahan. Marilah kita terbuka dan berfikir logis dengan dunia kerja yang ada di sekitar kita. Pilihlah yang terbaik untuk masa depan kamu sendiri, yaitu pilih Diploma IV Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat.