-->

Kamis, 14 Februari 2013


Cara Belajar Efektif
            Belajar adalah suatu kegiatan yang kita lakukan untuk memperoleh sejumlah ilmu pengetahuan. Dalam belajar kita tidak bisa melepaskan diri dari beberapa hal  yang dapat mengantarkan diri kita berhasil dalam belajar. Banyak orang belajar dengan susah payah, tetapi tidak mendapatkan hasil apa-apa, hanya kegagalan yang ditemui. Penyebabnya antara lain karena belajar tidak teratur, tidak disiplin, dan kurang bersemangat, tidak tahu bagaimana cara berkonsentrasi dalam belajar, istirahat yang tidak cukup, dan kurang tidur.
            Cara belajar setiap orang sebenarnya berbeda-beda. Tergantung bagaimana tiap individu mampu lebih berkonsentrasi dalam suatu keadaan. Misalnya ada yang lebih bisa konsentrasi belajar sambil mendengarkan musik, nonton tv, dan ada yang belajar dengan tanpa gangguan suara sedikitpun. Namun terkadang, belajar malah difikir adalah suatu beban. Ketika seseorang sudah menganggap belajar adalah suatu beban, maka otak tidak akan rileks, dan sangat sulit untuk menyerap materi yang dipelajari. Jadi, salah satu cara belajar adalah menjadikan belajar adalah suatu hal yang menyenangkan bukan menjadikan belajar sebagai suatu beban.
            Belajar juga harus teratur, maksud teratur di sini adalah belajar tidak hanya saat ada ulangan maupun ujian. Namun, alangkah lebih baik kalau setiap malam kita meluangkan waktu walaupun hanya sebentar untuk belajar. Hal itu akan lebih efektif daripada sistem belajar kebut semalam. Cara belajar lain yang efektif adalah disiplin dalam belajar dan bersemangat, tanamkan dalam diri semangat belajar yang tinggi, konsentrasi yang tinggi dalam belajar, pengaturan waktu dengan baik, dan apabila sudah lama belajar dan merasa lelah jangan dipaksakan, akan lebih baik untuk istirahat dan tidur dahulu baru dilanjutkan belajar lagi1 .


1Syaiful Bahri, Rahasia Sukses Belajar, (Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2002), hlm 10