Pengertian Angiospermae dan Gymnospermae

Diposkan oleh Dani Wisnu on Rabu, 13 Juni 2012

Tumbuhan merupakan salah satu kingdom yang ada di urutan klasifikasi. Ada berbagai macam tumbuhan yang ada di muka bumi ini.Tumbuhan memiliki ciri-ciri utama, antara lain merupakan tumbuhan multiseluler. Tumbuhan juga termasuk eukariotik. Yang membedakan tumbuhan dengan hewan adalah ada tidaknya dinding cel. Tumbuhan memiliki dinding cel sedangkan hewan tidak memiliki dinding cel.

Tumbuhan yang kita lihat merupakan produsen ato sering disebut autrotrof yang dapat membuat makanan sendiri sedangkan hewan merupakan jenis heterotrof, yaitu bergantung kepada tumbuhan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga dalam kehidupan terjadi rantai makanan, yaitu peristiwa makan dan dimakannya  mangsa dalam urutan tertentu dan waktu tertentu.

Tumbuhan berdasarkan letak bijinya dibedakan menjadi dua jenis :

  1. Gymnospermae
  2. Angiospermae

Gymnospermae
Adalah tumbuhan berbiji terbuka di mana bijinya tidak tertutup oleh dauh buah.Tumbuhan gymnospermae memiliki alat reproduksi yang berupa bunga strobilus.Pembuahan gymnospermae mengalami pembuahan tunggal. Gymnospermae tidak mempunyai aksesoris bunga. Contohnya : Pakis haji, Belinjo, Jambu mete, dan lain sebagainya.

SIKLUS HIDUP GYMNOSPERMAE


Angiospermae
Adalah tumbuhan dengan ciri biji tertutup oleh daun buah. Tumbuhan jenis ini juga dibedakan kedalam dua jenis yaitu dikotil dan monokotil. Angiospermae memiliki bunga yang sangat indah.

SIKUS HIDUP ANGIOSPERMAE

{ 1 komentar... read them below or add one }

biologi agdat mengatakan...

minta ya bos... buat bahan uas

Poskan Komentar