-->

Minggu, 27 Februari 2011


Jakarta mengawali sejarahnya sebagai kota pelabuhan yang bernama “Sunda Kelapa” pada masa kerajaan Hindu Pajajaran. Pada tahun 1552 bangsa Portugis tiba di Sunda Kelapa atas utusan Gubernur malaka dan merupakan bangsa barat yang pertama dating ke Sunda Kelapa. Dengan tujuan meminta ijin untuk mendirikan benteng pertahanan di dekat muara Sungai Ciliwung. Setelah berhasil mengadakan perjanjian dengan penguasa Sunda Kelapa Bangsa Portugis kembali ke Malaka.
Pada 1527 bangsa Portugis kembali ke Sunda Kelapa namun tanpa diketahui Sunda Kelapa telah jatuh ke tangan FATAHILLAH dan bangsa Portugis berusaha merebut kembali Sunda Kelapa. Maka terjadilah pertempuran antara bangsa Portugis dan Fatahillah di sekitar teluk Jakarta. Atas pertemuan ini Fatahillah menang dan mengubah nama Sunda Kelapa menjadi Jayakarta.
Cornelis De Houtman dating (1596) dan mendirikan VOC (1619). Nama Jayakarta diganti menjadi Batavia dibawah pimpinan Belanda ± 350 tahun kekuasaannya di Indonesia.
Belanda takluk kepada Jepang (1942), kemudian Batavia diganti nama menjadi Jakarta …
Wilayah Jakarta terdiri dari 5 kotamadya :
1.      Jakarta Pusat
2.      Jakarta Barat
3.      Jakarta Selatan
4.      Jakarta Timur
5.      Jakarta Utara

OBYEK WISATA DI JAKARTA

1.      Jakarta Pusat               : Pasar Burung, Museum Proklamator, Museum Adam Malik ,                                               TIM/Planetarium, Monas, dll.
2.      Jakarta Barat               : TMII, Museum Indonesia, Monumen Pancasila Sakti
3.      Jakarta Selatan            : Taman Margasatwa Ragunan dan Museum Sastra Mandala
4.      Jakarta Utara               : Tidak mempunyai obyek wisata andalan.