-->

Kamis, 25 Januari 2018

1.      Membuka engine hood dan melepas penutup belt dari atas air condititioner compresor.
2.      Melepas penutup cylinder head.
3.      Melepas penutup (2) dari atas motor starter dan memasukkan kunci gear B1.
4.      Memutar crankshaft ke depan dengan gear B1 dan mengepaskan penanda b dari rotating sensor ring dengan penanda TOP (a) dari front cover.
5.      Melakukan pengecekan pergerakan roker arm pada cylinder nomer 1 untuk menebak valve yang akan di lakukan penyetelan.
·         Jika kita bisa menggerakkan roker arm pada intake valve (IN) dengan tangan karena valve clearanve, maka kita melakukan penyetelan pada valve dengan tanda bulat putih seperti urutan gambar dibawah.
·        Jika kita bisa menggerakkan roker arm dari exhaust valve (EX) dengan tangan karena valve clearance, maka kita melakukan penyetelan pada valve dengan tanda bulat hitam seperti urutan gambar di bawah
Kalo yang di ajust putih (putih free) , maka ini adalah TOP 3. Cylinder 4 mengalami overlap. Intake valve = 0.25, exhaust valve = 0.50 mm.
6.      Melakukan penyetelan katup berdasarkan langkah dibawah ini.
a)      Menahan screw (3), mengendorkan locknut (4).
b)      Memasukkan thickness gauge B2 pada celah diantaran rocker arm (5) dan crosshead (6) dan melakukan penyetelan pada celah katup dengan adjustment screw (3)
c)      Sambil menahan adjustment screw (3), kita kuatkan locknut (4)
d)      Locknut =
e)      Melakukan pengecekan sekali lagi.
7.      Memutar crankshaft kedepan satu kali putaran dan mengepaskan penanda b dari rotating sensor ring dengan penanda TOP (a) dari front cover. (seperti step 4)
8.      Melakukan penyetelan celah katup seperti langkah 5 dan 6.
·         Jika valve dengan tanda bulat hitam telah diatur celahnya pada langkah 5 dan 6, maka kita lakukan penyetelan valve dengan tanda bulat putih.
·         Jika valve dengan tanda bulat putih telah diatur celahnya pada langkah 5 dan 6, maka kita lakukan penyetelan valve dengan tanda bulat hitam.

9.      Setelah selesai melakukan penyetelan katup, kita melepas alat penyetel katup dan mengembalikan bagian-bagian yang dilepas ke bentuk semula.

Cylinder head cover mounting nut